#NulisRandom2017
#NulisBuku
Semua
orang tahu betapa benci aku sama show don’t tell karena... yah, siapa
sih yang bisa main deskripsi indah kayak yang dicontohin di tips-tips nulis
itu? TwT Jadi sekitar dua tahun sejak 2015, aku nggak peduli aku pake deskripsi
apa narasi. Pokoknya jalan aja terus. Kelihatannya pas, ya pake narasi. Nggak
bisa nulis deskripsi panjang yang melenakan hati pembaca, ya udah. Selama ini yang
paling mudah kan jadi diri sendiri. xP
all pictures taken from Pinterest |
Tapi,
sejak 2015 juga, aku melajarin cara nulis emosi biar sampe ke pembaca (baca
tipsnya doang sih, tapi tetep aja “melajarin”, kan, wkwkwk). Tipsnya sederhana:
kasih jarak aja. Misal tokoh kita lagi sedih, jangan pake kata sedih sama
sekali. Dan kalo bisa nggak usah pake adegan menangis menggerung-gerung; karena
nggak semua tokoh pas sedih juga bereaksi kayak gitu.
Di
2016, aku nyoba tips itu—dan, masih pake adegan nangis, hahaha. Lama-kelamaan,
aku ngerasa tips ini cocok banget buat aku. Apalagi kalo udah ngomongin cinta—tahu
kan, ceramah-ceramah baper di novel teenlit yang bikin meleleh dan
teriak-teriak “kyaaa, kyaaaa” bukan gayaku banget. Aku berusaha bikin
kalimat-kalimat quotable, tapi belum pernah nemu adegan yang pas—apalagi
karena aku sering bikin konsep dulu, alur belakangan. Jadi nggak fleksibel pas
nulis, karena dikit-dikit, “lhaaa nggak penting, tanpa quote itu konflik
sama klimaks tetep jalan kok!”. #sesat #alasandoang :v
Akhirnya,
aku ngerasa, sebenernya show don’t tell masih dipake di tips ngasih
jarak untuk emosi tokoh itu. Bukan buat bikin pembaca baper, tapi buat
nyiptain foreshadowing sama plot twist.
Entah
sejak kapan, aku sadar itu kekuatanku. Ini penting, karena walau ada
beberapa tips yang nggak cocok, pasti ada bagian lain yang masih ahli
dimainkan. Aku tahu, dengan bilang “ini lho aku cocok sama teknik foreshadowing”,
sama aja kayak ngumumin spoiler. Seolah aku bilang, “eh yang kutulis ini
misleading lho; sebenernya ini rahasia blabla buat kejutan di belakang”.
=w='
Cuman,
setelah proses revisi yang panjang dan inget-inget yang udah kutulis, aku
sadar, emang seru nulis sesuatu yang misleading. Kamu mau bikin perasaan
benci, misalnya. Kamu nulis sederet paragraf di mana tokoh itu ngelakuin semua
hal yang tampak membahayakan buat tokoh utama. Tapi, nggak ada
kata “benci” sama sekali, yang ada cuma tindakan. Eh, taunya, dia nggak
beneran benci. Dia cuma cinta sama ibu si tokoh utama, dan cara melindunginya
malah kelihatan kayak benci (Severus Snape, everyone, Severus Snape xP).
Yang
kayak gitu itu, setidaknya menurutku, bagus banget. Pembaca digiring selama
ratusan halaman, bahkan bisa jadi sampe beberapa seri, untuk mengelupas fakta
demi fakta lewat tindakan tokoh, dan boom! “Oooooh, dia ternyata benci
beneran,” atau “Ternyata si A nggak beneran cinta, cuma ngejadiin mantannya
pelarian,” atau “Ini sedih banget siiih, aku sampe nangis kejer padahal nggak
nyebut kata sedih sama sekali”.
Tentu,
aku masih “berusaha” (baca: bermasalah) sama show don’t tell yang
ngelibatin penampilan, suasana sekitar, dan ekspresi wajah. Cuman seenggaknya
ada satu kemajuan yang bisa ditingkatkan lagi dan lagi, sambil melajarin yang
lain. Dan, sungguh, hanya karena aku benci show don’t tell, bukan
berarti aku nggak pengin bisa nulis deskripsi yang meliuk-liuk menggoda (?).
Aku cuma baru nemu satu tips yang cocok aja; sisanya... masih diusahakan!
Hwhwhwhw.
Komentar
Posting Komentar