Sebenernya, aku nggak ada intention
bikin blog jadi tempat review sih, tapi ya okelah. Kalo buat ngomong random, nggak masalah. :p
Jadi, aku baru selesai baca My
Life as a Writer-nya Haqi Achamd sama Ribka Anastasia Setiawan. Sebelum
melangkah jauh ke hal-hal yang aku suka dari buku ini, aku punya satu
pertanyaan: kenapa judul di kover depan dan footnote
halaman nggak pake article “a”? Jadi langsung as Writer gitu aja. Kan kayak ucul
sendirian gitu jadinya. Hwhwhw.
Oke. Balik ke buku.
Aku sukaaa banget sama semua pembahasan di sini. Mulai dari nyari ide, persistensi
waktu nulis, perjuangan pas udah nerbitin buku, sampe ngomongin buku
diari/jurnal.
Awal baca, aku ngerasa, wah, jadi
penulis apa harus bergelimangan harta prestasi segudang, ya? Kalo cuma
nulis tanpa titel apa-apa, gimana dong? Makin ke belakang, pas bagian Dee,
Farida Susanty, sama Vabyo, ngeraih prestasi itu kayak natural gitu. Setahap
demi setahap. Pantang menyerah. Bahkan, Farida malah nggak narget dapet
penghargaan apa-apa. (Kayaknya Alanda Kariza sama Clara Ng juga sih, tapi nggak
disebutin, wkwkwk.)
Terus, mulai ngebahas buku harian atau jurnal. Aku paling suka waktu Dee
cerita tentang pengalamannya nulis diari. Disimpen sendiri, dibaca pun mungkin
pas orang-orang dari masa depan yang jauuh nemu. Sementara Vabyo, tulisan
diarinya pake sudut pandang baru yang dianggep kreatif. Kalo Farida, aku
ngerasa relatable pas dia bilang
jurnal bisa menguraikan masalah rumit sampe ke akarnya.
Aku sendiri suka nulis jurnal, sejak 4 Januari 2016. Meski nggak
rutin—sekitar dua-tiga hari sekali, aku emang lebih suka nyimpen sendiri. Lagi
pengin bikin yang ala cerita fiksi pake sudut pandang macem-macem biar makin
kreatif, sekaligus bisa nguraiin benang rumit kehidupan. #halah
Soalnya, di buku ini, Clara Ng bilang, nulis diari dan disimpen sendiri
itu “aneh dan basi”. Tulisan seharusnya diketahui sama banyak orang. Cuman,
kalo isi jurnalku yang pating jlentrehan
dan banyak makian soal hidup itu dikonsumsi masyarakat... yah, jangan deh ya.
:v
Ngomongin ide, kesimpulanku setelah baca, ide ada di mana aja. Bisa ditunggu, bisa dijemput, bahkan dicolong
(kayak dari film atau novel lain, atau bikin ending sendiri kayak Vabyo). Ada keraguan-keraguan yang muncul pas
dapet ide, dan (di bagian Farida) beberapa bahkan bertanya-tanya, gimana kalo idenya
nggak laku atau booming. Kata Farida,
kalo udah nulis buat orang lain, “pasti akan terhambat”.
Ada juga quote bagus: “Jangan khawatir
apabila kalian merasa seperti itu, karena menurut Vabyo punya perasaan seperti itu
lebih baik daripada punya rasa percaya diri yang tinggi bahwa ide yang dimiliki
sangat unik dan menjual.” —hlm. 184
Dee juga sempat nyebut bahwa dia membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
Aku pernah baca di basabasi.co, elemen itu juga yang bikin fiksi punya keistimewaan.
Aku sendiri mulai suka membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
Dan, yang paling penting juga, kita harus tanggung jawab kalo udah dapet
ide. Kayak di halaman 154, “Apalagi ditambah pemikiran Farida bahwa pertemuan sperma
dan sel telulr itu tidak pernah terjadi karena kebetulan. Pasti ada hal intrapersonal
yang sebenarnya ingin disampaikan oleh Yang di Atas lewat Farida. Lewat ide yang
terlintas di benaknya.
“Urgensi bahwa setiap ide yang masuk adalah tanggung jawab baru untuk disebarkan
juga menjadi pemikiran dasar Farida untuk terus menulis.”
Sperma dan sel telur di situ maksudnya waktu ide (sperma) menghampiri penulis
(sel telur).
Soal persistensi waktu nulis, Dee bilang (lupa di halaman berapa), “penulis
harus keras kepala dan nekat”. Ya mulai dari terus nulis walau gagal berkali-kali,
sampe berani nerbitin buku buat dikonsumsi masyarakat. Kata Dee juga, persistensi
itu yang bikin penulis jadi sukses.
Empat penulis yang lain juga tetep nulis meski jatuh-bangun. Nggak banyak
yang pengin kuomongin soal persistensi ini, pokoknya nulis aja tiap hari (not literally tiap hari but you
get the idea).
Dan, terakhir, perjuangan soal penerbitan. Farida sama Alanda termasuk yang
sukses nerbitin novel pas masih muda. Mereka juga nunjukin tulisan ke temen-temen,
yang entah kenapa bikin aku mikir, dulu aku
gitu nggak ya. Dan ternyata iya, cuman yang baca cuma tiga-empat orang di cerita
berbeda-beda. Sekarang sih... makin jarang. Wkwkwk. (Kecuali kalo online, mungkin.)
Aku juga suka pas Farida cerita gimana perjuangannya supaya orang-orang kenal
namanya. Dia sampe beli majalah dan baca majalah itu di angkot supaya orang-orang
notice sama namanya. Bener-bener voeskfnrugrikfk
banget. Apalagi tahun 2006 itu kayaknya tips nulis belum begitu bertebaran kayak
sekarang, terus mungkin media sosial belum se-self-advertising kayak sekarang. Jadi ya, seru aja ngikutin perjuangannya.
Pas Vabyo cerita kalo bukunya belum best
seller pas pertama terbit juga nyess banget. Tapi ada satu pelajaran menarik
yang bisa dipetik. Dia tetep berusaha, sampe sedikit demi sedikit, novel itu akhirnya
best seller juga. Terus, Vabyo bilang,
kita harus kebal sama kritik. Setelah lima tahun Joker terbit, Vabyo kan sadar sama kekurangan bukunya. Dari situ, aku
jadi terpecut juga. Jangan-jangan selama ini aku ngotot banget kalo naskahku udah
pas, padahal... xP
Nah, sudah selesai ngebahasnya! Yeay!
Btw, aku pinjem buku ini dari
Perpustakaan Umum Kota Malang. Dan seirasional apa pun kelihatannya, aku punya dorongan
kuat buat punya sendiri (bahasa Jawa-nya ngepek)
dari perpus. Ngawur, emang. Tapi... that feels,
man, waktu kamu pueeengen banget punya buku yang kamu baru sadar ternyata ada!
:')
Kayaknya harus sering-sering nulis kesan setelah baca suatu buku, atau seenggaknya
apa yang kudapat setelah baca buku itu. Walau sederhana sekalipun. xD
Komentar
Posting Komentar