Langsung ke konten utama

Teori Nge-Ship Tokoh Supernova

Beberapa hari (sekarang udah minggu?) setelah baca Inteligensi Embun Pagi, aku nggak bisa move on sama sekali. Banyak pertanyaan yang belum terjawab, dan alhasil, teori-teori berjejalan di kepala. Mulai murni soal tiga entitas, sampe ngelibatin tokoh-tokoh yang ku-ship.

Entri kali ini bakal memuat jauh lebih banyak spoiler ketimbang entri review biasanya. Jadi, buat yang udah tuntas baca IEP, silakan membaca. Yang betah intip-intip sampe ngerti ending-nya duluan, ya, silakan. Risiko ditanggung sendiri-sendiri. :")

•••

Bodhi Liong & Ishtar Summer

Semua orang tahu cerita Supernova bermula dari kejar-kejaran Anshargal sama Omega. Ishtar, alias Omega, bertahun-tahun nungguin Alfa dan berencana ngonversi kekasihnya jadi Sarvara. Intinya, Ishtar ini nggak bisa move on selama ratusan bahkan mungkin ribuan tahun cuma demi nungguin Alfa.



Di IEP, adegan Ishtar berakhir dengan menghilangnya dia di deket portal. Nah, konsekuensi perbuatan Ishtar itu jelas ngegagalin rencana Sarvara. Dan, karena ada Sarvara paling kuat yang muncul, aku yakin Ishtar bakal dihukum sama dia. (Mari berasumsi Sarvara paling kuat ini pindah haluan jadi jahat, wkwkwk.)

Kemungkinan terburuk adalah ngonversi Ishtar jadi Peretas—bikin dia hilang ingatan, dan dikutuk terjebak di samsara berkali-kali. (Ishtar disebut nggak rela kalo Alfa terjebak lagi di samsara; jadi kalo dia ikutan ke samsara, cewek itu bakal ngerasa kapok. Hukumannya setimpal.)

Nah, Ishtar bisa aja ketemu Bodhi, terus ngerasain ikatan yang kuat. Dalam kondisi normal, ini bakal mustahil. Wong ditinggal Alfa berkali-kali aja Ishtar bertahan kok. Tapi, kalo udah jadi Peretas, Ishtar bakal hilang ingatan. Dan kemungkinan dia suka Bodhi lumayan tinggi. 



Ishtar pernah bilang kalo Bodhi tuh Infiltran yang membosankan. Sejatinya (halah), nggak mungkin Ishtar tahu Bodhi ngebosenin atau nggak kalo nggak pernah ngabisin waktu bareng. Entah selingkuh (karena bosen ditinggal Alfa), atau tarung antar Sarvara-Infiltran pada umumnya.

Menurut Psychology Today, ada sembilan hal yang bikin orang bosan. Intinya, ada interaksi antar dua orang atau lebih—dan sayangnya Ishtar nggak nyebutin tipe ngebosenin kayak apa Bodhi itu. Pokoknya, aku berasumsi ada interaksi yang cukup panjang sampe Ishtar bisa narik kesimpulan tentang seberapa ngeboseninnya Bodhi itu.

Nah, sampe sini, mari berharap Ishtar emang dihukum jadi Peretas, terus canon sama Bodhi. #maksa╰(*´︶`*)╯

(Sekali lagi, Ishtar dikonversi ya, langsung jadi umur 20-an. Jadi nggak ngulang dari awal lagi.) 

Ferre & Diva

Ini ship paling pertama sejak baca KPBJ dan makin menggila seiring berjalannya waktu. Aku gemes pas Diva ngasih tau Gio, Bintang Jatuh selalu deket sama Kesatria. Terus, udah. Sampe situ aja. Padahal Ferre bertahun-tahun nungguin Diva, dan nggak kepincut cewek mana pun meski sebenernya dia bisa. #nangissungai



Di IEP, Ferre didatengin Bong pas dia sakit kepala akut. Entah Bong mau ngapain Ferre—karena kayaknya dia belum jadi Sarvara. (Kalo nggak salah, konversi itu butuh portal. Ya nggak sih?) Mungkin sekadar ngobrol, atau justru Re dalam bahaya. Atau, Bong tahu siapa aja anggota gugusnya, dan dia minta bantuan Ferre buat nyelametin sisa anggota mereka.



Intinya, Re yang inget bakal lebih gencar diincar Sarvara juga. Dan di satu titik dia bisa masuk ke kandi, terus ketemu Diva. Secara teknis, dia harus dapet izin dari Alfa buat masuk ke sana. Tapi, gugus Asko kan satu-satunya yang mau ngebantu gugus Kandara. Jadi karena mereka udah merger(?), kemungkinan sah-sah aja kalo Re ikutan masuk. Dan canon-lah Re sama Diva. (´ε` )♡

Gelombang & Permata

Sebagai bonus, atau barangkali konsekuensi, Diva sama Re didaulat ngelahirin Gelombang. Biar nggak ribet kalo harus ngulang jadi manusia dari awal.

Plus, karena Ishtar udah sama Bodhi, Gelombang bisa aja jadian sama Permata, karena mereka seumuran.

Aku berasumsi Permata itu cewek karena: 1) ibu Gio pernah didatengin anak cewek yang ngasih dia kunci, 2) Gio juga pernah didatengin cewek, terus dikasih kunci, pas Zarah diculik Sarvara. Dugaanku, Gio sadar cewek di mimpinya itu Permata.



Dan, meski nggak terlalu nge-ship Gelombang sama Permata, kemungkinan ini  bisa jadi ada selama Bodhi tetep sama Ishtar. #maksalagi (๑・ω-)~♥”

P.S.: Orangtua Permata kan udah endgame, dan yang ending-nya paling jelas ya mereka. Jadi, aku nggak bakal ngebahas. Wkwkwkw.

Reuben & Dhimas

Duo penulis(?) ini juga menjanjikan banyak jawaban. Mereka pernah bilang, nggak mungkin ilham cerita KPBJ dateng gitu aja, secara kebetulan. Apalagi sampe sama persis.

Nah, dugaanku, Reuben sama Dhimas juga Peretas yang hilang ingatan. Mereka ikut menyepakati perjanjian sama gugus Kandara, tapi Reuben sama Dhimas bukan dari Kandara maupun Asko.



Memang, Diva nyebut kalo Asko satu-satunya gugus yang mau ngebantu Kandara. Tapi, dia nggak bilang apa-apa soal Peretas. Jadi, bisa banget kalo Reuben sama Dhimas bernasib sama kayak mereka-mereka yang dari Kandara—terjebak di samsara tanpa ingat apa pun selain nama kode dan fungsi. Plus, Dhimas-Reuben ngerti sekuens yang direncanakan gugus Kandara—makanya mereka bisa nulis KPBJ sampe sama persis.

Mengingat Toni udah didaulat ngejaga Asko dan Mural udah absen, Reuben sama Dhimas bisa ngisi dua slot kosong itu dan mulai ikut nyelametin Putri, sama Kesatria, kalo emang mereka dalam bahaya. :') [Aku sempet liat review di Goodreads yang bilang Arwin tuh Sarvara—dan kemungkinan itu selalu ada. Wkwkwk.]

Wimala Bersaudara

Muahahaha. Aku sebenernya nggak nge-ship Elektra sama Zarah secara romantis. Cuman sebagai sisterhood gitu. Lucu aja kalo bagian mereka lebih diperbanyak. Dan menurutku Elektra bakal lebih kalem kalo tahu dia seumuran sama Zarah—atau justru makin ngefans, mengingat dia yang paling nggak bisa ditebak.


All pictures are taken from Pinterest and edited in PicsArt


P.S.: Buat yang belum tahu, Wimala itu singkatan dari Wijaya-Amala, nama belakang Elektra sama Zarah. ヾ(〃^∇^)ノ

Nah, segitu dulu teori ngacoku soal (lanjutan) Supernova. Semua ini didasarkan keisengan, kegabutan, dan keinginan terpendam buat ngungkapin ship favorit. Kalo ada fakta di novel yang salah kusebut, betulin aja. Hehehe. (σ≧▽≦)σ

Kalo kalian, nge-ship siapa aja? (•ω•)

Komentar

  1. hem... udah di-note teori ngaco, jadi ngga perlu ngasih teori bantahan deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhiran "-in" dan "-kan"

Awal aku ngerti ada orang yang salah pake akhiran “-kan” di akhir kalimat tuh pas baca satu novel romance  empat tahun lalu. Di situ, “pelukan” ditulis “pelukkan”; padahal maksudnya menunjukkan kata benda, bukan kata perintah buat memeluk seseorang. Terus, “meletakkan”—yang K-nya dua —ditulis “meletakan”. Kesalahan itu berlanjut di sepanjang buku, dan bacanya nggak nyaman banget. Belakangan, aku juga nemu banyak kesalahan serupa di novel-novel yang udah terbit (baik yang beberapa tahun lalu, maupun yang baru-baru ini). Dan, seolah nggak mau kalah, media sosial pun jadi ladang kesalahan akhiran  “-kan”, juga “-in”, berkembang biak. Pembaca yang budiman, tolong dipahami, huruf K di akhiran “-kan” ditulis SATU kalo kata dasarnya berakhir dengan huruf K. Contoh: tunjuk jadi menunjukkan , renyuk jadi merenyukkan , letak jadi meletakkan , masuk jadi memasukkan . Dan lain-lain. Kalo kata dasarnya nggak berakhir dengan huruf K, ya udah, tinggal ditambahi akhiran “-kan”. Contoh:

Writing Prompt

#NulisRandom2017 #NulisBuku #Day1 Di hari pertama nulis random , aku mau bagi-bagi ”kecurangan” waktu nulis, yakni writing prompt . Writing prompt itu semacam trigger buat nulis, inspirasi yang udah disediain. Jadi kayak menjemput ide dalam arti harfiah. Banyak writing prompt yang bisa ditemuin dari internet, salah satunya Pinterest. Mulai dari dialog, plot, nama tokoh, sampe topik tertentu yang bikin mikir atau bahkan gatel pengin cepet-cepet nulis. Personally , aku suka nulis yang ringan-ringan ( karena yang berat mending buat tugas doang #eh ), terutama di blog. Jadi, dari tiga gambar writing prompts di bawah, aku paling suka yang AU ( alternative universe ) sama pertanyaan untuk mengenal seseorang.  (Yang 200 Questions to Get to Know Someone  agak blur; mungkin kalo cari lagi di Pinterest ada yang lebih jelas, hehe.) Taken from Pinterest Selama tiga puluh—atau, 29—hari ke depan, beberapa topik aku ambil dari gambar-gambar ini. Sebagai o