Setelah nonton beberapa episode Detektif Conan, aku sadar kalo hidup Conan (dan tokoh-tokoh lain) sebenernya melas, cuman nggak kelihatan aja.
My OTP x) |
Selama nonton, aku hanyuuuut banget sama adegan-adegannya. Aku ikut mikir. Foreshadow-nya jelas di depan mata. Tapi Conan selalu kecepetan narik kesimpulan. Sampe tahu siapa pelaku tiap kasus. (Iya, ceritanya nyalahin Conan, bukan kemampuan analisis sendiri. xP)
Well, selama adegan analisis, aku fokus banget ke Conan. Ke kasusnya. Ke konflik dan resolusinya. Nggak pernah sekali aja aku mikir, "Wah, Aoyama Gosho genius banget ya" atau "Topiknya banyak, riset Gosho pasti ribet" atau "Enak banget sih, ngerti banyak hal, jadi ceritanya nggak ngeboseni".
No.
Aku. selalu. fokus sama ceritanya doang.
Kalo ngomongin riset, menurutku yang humble kayak Conan ini yang bagus. Pengarang seolah ngasih cerita doang, dan nggak terkesan pamer "ini lho, aku tahu tentang rotornya helikopter", "ini lho, racun potasium sianida". Semua topik risetnya membaur sempurna dan kita tinggal terima jadi.
Dan, jelas, Aoyama Gosho udah ngerasa terpanggil untuk mendedikasikan seluruh passion-nya buat nyiptain komik.
***
Definisi tiap orang tentang isu terpanggil ini bisa beda-beda. Buat aku, terpanggil itu waktu aku tetep nulis, selama apa pun, sehancur apa pun, dan seberdarah apa pun risetnya. Bahkan kalo aku mulai ngerasa capek, benci, dan geregetan sama tulisanku sendiri. Asal aku tetep nulis, seneng nggak seneng, aku bisa dikategorikan ngerasa terpanggil.
Jadi, apa ada orang yang nulis tapi nggak ngerasa terpanggil?
Dari sudut pandangku sih, ada. Orang-orang yang mengklaim diri sendiri sebagai penulis, tapi kepercayaan diri aja nggak punya. Yah, mungkin, bagi mereka, isu terpanggil ini bukan sesuatu yang penting banget or something like that.
Terus, ada juga cerita-cerita yang based on true story.
Dulu, aku nggak suka banget sama cerita semacam itu. Aku selalu ngerasa, penulisnya kurang kreatif. Ngolah alur dari kenyataan doang, bukan murni hasil imajinasi.
Padahal, tiap penulis punya panggilannya sendiri-sendiri. Mereka bahkan berhak mau nyomot kejadian nyata mana pun buat ditulis.
Later on, aku juga sering terinspirasi dari dunia nyata. Mungkin cuma sebatas ide. Kayak orang di jalan raya yang bikin kesel. Cerita lucu (pribadi maupun "nyolong" dari majalah). Artikel-artikel dari koran. Meskipun nggak secara keseluruhan mirip kejadian di dunia nyata, ada beberapa unsur yang terinspirasi dari sana.
Yang paling menarik perhatian akhir-akhir ini A Clean, Well-Lighted Place-nya Ernest Hemingway. Memang sih, bukan nyeritain kehidupan pribadinya. Cuman, ada pesan yang Hemingway pengin sampaikan. Mungkin terselip di antara kata dan kalimat. Mungkin sejelas kristal. Pokoknya, ada sesuatu di cerpen itu yang sedikit-persen based on true story.
Bentuk panggilan lain mungkin cerita klise. Well, turns out that keklisean ini lebih ngerepotin dibanding mencoba jadi original.
Kalo cerita kita klise, kemungkinan besar elemen-elemennya sama kayak tulisan orang lain. Apa yang bikin beda, nggak jelas. Tema, judul, tokoh, karakter, semuanya mirip-mirip. Lama-lama kalo dipikir bikin depresi sendiri. :p
However, ada satu dorongan kuat yang bikin kita pengin nulis tentang itu. Banget-nget-nget. Jadi, kita tulis.
Dan, ENG-ING-ENG. Ada penulis lain yang punya tokoh, alur, dan latar tempat mirip. Banget-nget-nget. Tuhan, kalo kayak gini terus, pindahkan aku ke planet lain aja! 🥺🥲🤌
Memang, ini masalah berat dibanding rotor helikopternya Conan, bung. xP I mean, harus didaur ulang kayak gimana lagi kalo udah telanjur sama? Ya kalo langsung beda satu-satunya. Siapa yang bisa ngejamin di masa depan nggak bakal ada yang nyamain lagi?
Nah, karena terpanggil inilah, orang bisa jadi lebih terpacu buat ngutak-atik ide mereka. Digabung-gabungin sama hal lain yang bikin keklisean ini menonjol, unik, oddball. Nggak harus yang bombastis macam rotornya Conan (sori, Conan dan rotor).
Misal, waktu jalan ke luar rumah dan lihat kodok, MC ceweknya berani aja megang, sementara yang cowok udah jijik mual pengin ngibrit aja. Ups, tapi nggak bisa. Ada praktikum Biologi yang bakal mencacah dan memutilasi daging si kodok, dan mereka sekelompok. Harus gimana dong? (Sebenernya, pas SMA dulu ada banget kejadian kayak gini. Jadi, based on true story ternyata berguna juga buat mengatasi keklisean. :3)
***
Jadi ya, nulis itu perjalanan yang panjang. Aoyama Gosho bisa sampe kayak gitu karena terbiasa latihan. Again and again.
FYI, Gosho nyelesaiin kasus mudah "cuma" empat jam. Kasus sulit sembilan jam.
Who knows, kalo kita terus mengasah kemampuan, ikhlas, dan tetep terpanggil, kita bisa bikin ratusan episode buat satu cerita berpremis sama, tapi idenya tetep jelas dan nggak ngebosenin kayak Conan.
Komentar
Posting Komentar